Sabtu, 30 Mei 2009

Rutin vs Proyek


Terdapat dua golongan kegiatan didalam perusahaan yakni: rutin dan proyek.
Kegiatan rutin berlangsung secara terus menerus dan berulang-ulang secara periodik. Kegiatan ini biasanya bersifat adminstratif dan umum.
Proyek adalah kegiatan yang mempunyai tujuan secara spesifik, yang dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu dan sering melibatkan beberapa disiplin fungsi dalam organisasi. Tingkat kesulitan dan resiko dari sebuah proyek juga lebih tinggi dibandingkan dengan kegiatan rutin. Oleh sebab itu, sebuah proyek selalu memerlukan persiapan secara khusus dan matang. Sebuah proyek juga memerlukan pemimpin yang cakap dan anggota tim yang kompak.

Kegiatan dalam perusahaan migas didominasi dalam bentuk proyek daripada kegiatan rutin. Seluruh kegiatan yang menggunakan capex dilaksanakan melalui proyek, yakni: Seismic & Survey, G&G Studies, Drilling, Workover, Pembangunan Facility, dan pengadaan equipment. Bahkan beberapa kegiatan yang menggunakan opex pun sering dilakukan melalui sebuah proyek. Untuk itu, manajemen proyek menjadi faktor yang sangat penting dalam industri migas.
Quiz:
  1. Sebutkan beberapa kriteria dari sebuah proyek !
  2. Lebih dominan mana antara kegiatan rutin dan proyek di industri migas?
  3. Apakah penerapan manajemen proyek itu penting di industri migas, dan mengapa?

Tidak ada komentar: