Rabu, 22 Juli 2009

Diagram BS WP&B (Bag II)


Selanjutnya sesuai diagram diatas, BS 4, 8 dan 11 beserta masing-masing turunannya, yakni BS 5, 6, 7, 9, 10 dan 12 akan dirangkum kedalam BS 3. Dengan demikian, total dari anggaran biaya eksplorasi & eksploitasi, produksi dan administrasi akan tercermin dalam BS 3 ini. BS 3 juga akan disertai dengan BS 3.A, yang berisi tambahan informasi tentang pembagian biaya kapital dan non capital per kuartal. Selain itu, BS 3 dan 3A akan disertai juga dengan BS 3.1 dan 3A.1 untuk minyak dan BS 3.2 dan 3A.2 untuk gas.

Meskipun nilainya telah tercantum dalam BS 8, 11 serta 3 karena merupakan bagian dari biaya produksi dan biaya administrasi, khusus untuk biaya depresiasi akan disajikan secara lebih terperinci lagi kedalam BS 14.

Bergerak ke bagian kiri dari diagram diatas, terdapat empat BS yang bisa dikatakan mempunyai fungsi sebagai informasi tambahan, yakni masing-masing:
  1. BS 2 yang menyajikan Key Operating Statistic
  2. BS 13 yang menyajikan daftar Asset yang telah dimanfaatkan sesuai fungsinya atau Placed Into Service (PIS)
  3. BS 15 yang menyajikan detailed program support listing
  4. BS 17 yang menyajikan budget year expenditures.

Seluruh BS WP&B yang telah dibahas diatas adalah terkait dengan pengeluaran biaya. Hal ini berbeda dengan dua BS terakhir yang terdapat dalam diagram diatas, yakni BS 1 dan 16.

BS 1 menyajikan informasi tentang perhitungan pembagian hasil produksi, dengan mengolah beberapa data, diantaranya: lifting (pengantaran produksi migas), cost recovery, FTP (First Tranch Petroleum) dan DMO (Domestic Market Obligation).

Adapun BS 16 khusus menyajikan data prakiraan lifting.

Melalui uraian diatas, kita telah menangkap gambaran umum tentang BS WP&B nomer 1 sampai dengan BS 17. Selanjutnya, masing-masing dari BS tersebut akan kita bahas satu persatu.

Pertanyaan:

  1. Manakah cara yang lebih baik untuk memahami BS WP&B, dihafalkan atau dimengerti?
  2. Dalam contoh nama BS 4.1 dan 4.2, sub angka 1 (satu) dan 2 (dua) tersebut melambangkan apa?
  3. BS WP&B nomer berapa saja yang menyajikan data tentang data penerimaan?
  4. Bagaimana formula perhitungan secara kasar atas pembagian produksi migas, jika data yang tersedia adalah: lifting, cost recovery, FTP dan DMO?

Tidak ada komentar: