Minggu, 14 Juni 2009

BS 18E - G&G Study


BS 18E digunakan untuk mengajukan AFE dari proyek G&G (Geological & Gephysical) Study. Kegiatan ini adalah sebagai study lebih lanjut atas data survey yang telah diproses, baik survey udara, darat maupun laut. Kegiatan ini menghasilkan berbagai informasi tentang bebatuan bawah tanah sebagai obyek study. Informasi yang dihasilkan diantaranya adalah tentang jenis batu, jenis fosil dari bebatuan tersebut, umur bebatuan serta jenis sedimentasinya. Bedasarkan informasi tersebut, para geoscience dan geophysist dapat melakukan study untuk memprakirakan adanya jebakan hydrocarbon di dalam perut bumi.

Jenis kegiatan study lain adalah memproses ulang data survey yang lama seperti data seismik, SLAR dsb, untuk dipetakan kembali dengan tambahan data yang terbaru.

Study juga dilakukan atas reservoir (cadangan migas terbukti) untuk mengetahui lebih lanjut tentang kandungan hydrocarbon melalui pendekatan petrophysics dan cara lainnya.

Kegiatan study juga dilakukan untuk melakukan simulasi produksi guna mendapatkan hasil yang optimal.

Selain itu, Study juga dilakukan untuk pengembangan lapangan migas secara keseluruhan, meliputi: optimalisasi penggunaan peralatan, barang serta tenaga kerja, dalam rangka menghasilkan operasi yang efisien dan efektif,

Pertanyaan:


  1. Apa perbedaan antara geology & geophysic?

  2. Jika ingin memproses ulang data seismik yang lama, apakah AFE nya diajukan menggunakan BS 18-E atau 18-D?

  3. Apakah kegiatan AMDAL dapat diajukan AFE nya dengan menggunakan BS 18E? Jelaskan!

  4. Apakah FEED (Front End Engineering Design) termasuk dalam kegiatan study yang dapat diajukan AFE nya dengan menggunakan BS 18E? Jelaskan!

  5. Mengapa judul G&G Study dari BS 18E bisa juga disebut dengan E&E (Exploration & Exploitation) Study? Jelaskan!

  6. Sebutkan akun-akun biaya apa saja yang terkait dengan kegiatan G&G Study!

Tidak ada komentar: